PENDAFTARAN DAN PEMBUATAN PERSURATAN AKADEMIK
UNTUK MAHASISWA FAKULTAS DIRASAT ISLAMIYAH
UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA


A. SOP Pembuatan Persuratan Akademik

Masa Normal

Alur Pembuatan Persuratan Akademik
  1. Mahasiswa update biodata di AIS dan mencetak pembayaran semester sebagai bukti mahasiswa aktif dan sebagai lampiran permohonan surat
  2. Mahasiswa masuk ke Web FDIfdi.uinjkt.ac.id, menu Akademik, Layanan Akademik FDI untuk mengisi borang permohonan
  3. Setelah melakukan input Isi Form Pendaftaran silakan download file persuratan sesuai kebutuhan pada website: academic.fdi.uinjkt.ac.id
  4. Ganti data pada font yang berwarna merah sesuai tanggal dan biodata mahasiswa yang bersangkutan
  5. Ganti font warna merah menjadi warna hitam
  6. Cetak/print out oleh mahasiswa
  7. Kirim/serahkan ke subag Akademik FDI untuk dilakukan verifikasi
  8. Subag akademik memverifikasi dan mengecek data pengajuan mahasiswa
  9. Subag Akademik Memberikan paraf dan mengirim ke Pimpinan untuk penandatanganan
  10. Selesai tanda tangan, penomoran surat, dan stempel oleh Subag Umum
  11. Pendokumentasian surat sebagai arsip umum
  12. Penataan surat jadi pada tempat distribusi dokumen (diambil langsung ke Akdemik Pusat atau dikirim online)
Masa New Normal

Alur Pembuatan Persuratan Akademik
  1. Update biodata di AIS dan download pembayaran semester berjalan sebagai bukti mahasiswa aktif;
  2. Download Template Persuratan sesuai kebutuhan, edit data pada font yang berwarna merah sesuai tanggal dan biodata mahasiswa yang bersangkutan, simpan file Draft Surat dengan format Word:

    1. Template Surat Keterangan Aktif Kuliah

    2. Template Surat Keterangan Aktif Kuliah dan tidak Menerima Beasiswa

    3. Template Surat Keterangan Aktif Kuliah untuk Keperluan Orang Tua

    4. Template Surat Keterangan Kelakuan Baik

    5. Template Surat Permohonan Penelitian Observasi Kunjungan Wawancara Secara Kelompok

    6. Template Surat Permohonan Penelitian Observasi Kunjungan Wawancara Secara Perorangan

    7. Template Surat Rekomendasi

    8. Template Surat Keterangan Lulus

    9. Template Surat Keterangan Pernah Kuliah

    10. Template Surat Keterangan Kehilangan KTM

    11. Template Surat Permohonan Pengaktifan AIS

    12. Template Surat Permohonan Cuti Kuliah (pribadi)

    13. Template Surat Pengunduran Diri (pribadi)

  3. Mengisi Form Pendaftaran menu Isi Form Pendaftaran dan upload berkas:
    • Rekap Pembayaran semester berjalan dari AIS
    • Draft Surat yang dibutuhkan dalam format Word

  4. Subag Akademik memverifikasi dan mengecek data pengajuan mahasiswa;
  5. Subag Akademik Memberikan paraf dan mengirim ke Pimpinan untuk penandatanganan;
  6. Mahasiswa dapat mengecek proses surat Lihat Pendaftar dan Proses;
  7. Surat yang sudah jadi akan dikirim melalui email pemohon.


B. Isi Form Pendaftaran dan Upload Berkas


                C. Distribusi

                Masa Normal
                • Waktu yang dibutuhkan paling lama 1 Hari, tetapi sangat tergantung pada situasi dan kondisi saat pembuatan;
                • Persuratan Akademik yang sudah selesai dibuat dapat diambil di Bagian Akademik FDI pada hari dan jam kerja (Senin s.d Jum'at, Pukul 08.00 s.d 16.00).
                Masa New Normal
                • Petugas mengirim surat format PDF ke email Pemohon Surat;
                • Mahasiswa bertanggung jawab untuk menembuskan surat kepada yang bersangkutan (sesuai tujuan pada surat).
                _
                Update: 2022-02-03